MODUL P5 KELAS 4 SDN 06 KUBU

 

ANALISIS PERENCANAAN PROJEK P5

 

SEKOLAH                                                      : SDN 06 KUBU

FASE                                                              : B

KOORDINATOR                                           : AGUSTA SALMI,S.Pd

FASILITATOR                                               : SUSI INDRAYANI,S.Pd

TINGKAT KESIAPAN SEKOLAH               : Tahap awal

VISI / MISI SEKOLAH                                  : Peserta didik yang beriman, berakhlak

                                                                          mulia, cerdas, inovatif, berprestasi dan peduli   

                                                                          lingkungan.

MISI                                                                :                                                          

ISU YANG HARUS DITANGGULANGI     : Kreasi irama tambua

TEMA                                                             : KEWIRAUSAHAAN

DIMENSI                                                        : KREATIF

                                                                           Memunculkan gagasan

                                                                           imajinatif  baru yang

                                                                           bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda  

                                                                           sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

ELEMEN, SUB ELEMEN DAN TUJUAN   :                                                                     

ELEMEN : 1. Menghasilkan gagasan yang orisinal

                   2. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil

        

            SUB ELEMEN : -

TUJUAN : 1. Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.

2. Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMETAAN DIMENSI,ELEMEN,DAN SUB ELEMEN P5

TEMA : KEWIRAUSAHAAN                                            

TOPIK : MENGEMBANGKAN KREASI IRAMA TAMBUA

Dimensi profil pelajar panasila terkait

Elemen profil pelajar pancasila

Sub elemen profil pelajar pancasila

Target pencapaian di akhir fase

Kreatif

1. menghasilkan gagawsan yang orisinal

 

2. menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

-

Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.

 

      Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

 

 

RUBRIK

ELEMEN

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuia Harapan

Sangat Berkembang

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan sederhana yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya

Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.

 

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

 

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi dan mengkritisi karya dan tindakan yang dihasilkan

 

 

 

 

 

 

 

ALUR PROJEK P5

TAHAP PENGENALAN

KONTEKSTUALISASI

AKSI

REFLEKSI DAN

TINDAK LANJUT

Perkenalan

Tentang alat musik tradisional tambua

(1 x pertemuan)

Mengunjungi sanggar UMBUIK MUDO

(1x pertemuan)

Menganalisis hasil kunjungan

(1 x pertemuan)

Evaluasi kegiatan

(1 x pertemuan)

ASESMEN SUMATIF

Tayangan video permainan alat musik  tambua

(1 x pertemuan)

Mengunjungi sanggar ALANG MAIMBAU

(1 x pertemuan)

Mengkreasikan irama alat musik tradisional tambua

(8 x pertemuan)

 

Persiapan alat musik tambua

(1 x pertemuan)

 

 

 

Penilaian tahap pengenalan

ASESMEN FORMATIF

Penilaian tahap kontekstualisasi

ASESMEN FORMATIF

Penilaian tahap aksi

ASESMEN FORMATIF

 

 

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

1.     TAHAP PENGENALAN.

KEGIATAN 1

A.    PERSIAPAN

-       Guru menyiapkan gambar-gambar alat musik tradisional tambau

-       Guru menyiapkan laptop dan infokus

B.    PELAKSANAAN

-       Guru menayangkan gambar alat musik tradisional tambua melalui infokus

-       Peserta didik mengamati gambar

-       Peserta didik bertanya jawab tentang gambar alat tradisional tambua

KEGIATAN 2

A.    PERSIAPAN

-       Guru menyiapkan video-video pemainan alat musik tradisonal tambua

-       Guru menyiapkan laptop dan infokus

B.    PELAKSANAAN

-       Guru menayangkan beberapa video permainan alat musik tambua melalui infokus

-       Peserta didik mengamati video permainan alat musik tambua yang ditayangkan melalui infokus

-       Peserta didik bertanya jawab tentang tayangan video yang telah diamati

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ASESMEN ELEMEN 1 MENGHASILKAN GAGASAN YANG ORISINAL

 

Nama siswa

MENGHASILKAN GAGASAN YANG ORISINAL

Tahap pengenalan

Kontekstualisasi

Aksi

Refleksi dan tindak lanjut

Kegiatan 4

Kegiatan  7

Kegiatan  17

Kegiatan  18

BB

MB

BSH

SB

BB

MB

BSH

SB

BB

MB

BSH

SB

BB

MB

BSH

SB

Alimatun Syaidina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ASESMEN ELEMEN 2 MENGHASILKAN KARYA DARI TINDAKAN YANG ORISINAL

 

Nama siswa

MENGHASILKAN KARYA DARI TINDAKAN YANG ORISINAL

Tahap pengenalan

kontekstualisasi

Aksi

Refleksi dan tindak lanjut

Kegiatan 4

Kegiatan 7

Kegiatan 17

Kegiatan 18

BB

MB

BSH

SB

BB

MB

BSH

SB

BB

MB

BSH

SB

BB

MB

BSH

SB

Alimatun Syaidina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PELAPORAN PROJEK

 

Nama Sekolah             : SDN 06 KUBU

Alamat                        : Jorong Kubu Kenagarian Sungai Batang

Nama Siswa                ; ALIMATUN SYAIDINA

NISN                           :

Fase                             : B

Kelas                           : 4

Semester                      : I

Tahun ajaran               : 2022-2023

 

Projek 1

TEMA             : KEWIRAUSAHAAN

TOPIK             : MENGEMBANGKAN KREASI IRAMA TAMBUA

Projek ini adalah projek pertama di kelas IV SDN 06 KUBU. Projek ini diharapkan dapat membangun Profil Pelajar Pancasila yaitu Kreatif. Siswa  yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Gagasan ini terbentuk dari yang paling sederhana seperti ekspresi pikiran dan/atau perasaan sampai dengan gagasan yang kompleks. Perkembangan gagasan ini erat kaitannya dengan perasaan dan emosi, serta pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan oleh siswa tersebut sepanjang hidupnya. Siswa  yang kreatif memiliki kemampuan berpikir kreatif, dengan mengklarifikasi dan mempertanyakan banyak hal, melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda, menghubungkan gagasan-gagasan yang ada, mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya untuk mengatasi persoalan, dan memunculkan berbagai alternatif penyelesaian. Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya. Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan.

 

BB. Belum Berkembang

Siswa masih membutuhkan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan

MB. Mulai Berkembang

Siswa mulai memgembangkan kemampuan namun masih belum ajek. (berubah-ubah)

BSH.Berkembang Sesuai Harapan

Siswa telah mengembangkan kemampuan hingga berada dalam tahap ajek

SB.Sangat Berkembang

Siswa mengembangkan kemampuannya melampaui harapan

 

Projek kelas IV

Beriman,bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia

Bernalar kritis

Mandiri

Berkebinekaan global

Kreatif

Bernalar kritis

Mengembangkan kreasi irama tambua

 

_

 

_

 

_

 

_

 

V

 

_

 

 

MENGEMBANGKAN KREASI IRAMA TAMBUA

Kreatif

BB

MB

BSH

SB

Menghasilkan gagasan yang orisinal

 

 

V

 

 

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

 

V

 

 

 

 

 

Catatan proses :

 

DOKUMENTASI

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar