MODUL P5 KELAS 4 SDN 06 KUBU
ANALISIS PERENCANAAN PROJEK P5
SEKOLAH :
SDN 06 KUBU
FASE :
B
KOORDINATOR : AGUSTA SALMI,S.Pd
FASILITATOR : SUSI INDRAYANI,S.Pd
TINGKAT KESIAPAN SEKOLAH : Tahap awal
VISI / MISI SEKOLAH : Peserta
didik yang beriman, berakhlak
mulia, cerdas, inovatif, berprestasi dan
peduli
lingkungan.
MISI :
ISU YANG HARUS DITANGGULANGI : Kreasi irama tambua
TEMA :
KEWIRAUSAHAAN
DIMENSI : KREATIF
Memunculkan gagasan
imajinatif baru yang
bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda
sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
ELEMEN, SUB ELEMEN DAN TUJUAN :
ELEMEN : 1.
Menghasilkan gagasan yang orisinal
2. Menghasilkan karya dan tindakan yang
orisinil
SUB ELEMEN : -
TUJUAN : 1. Memunculkan gagasan
imajinatif baru yang bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai
ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.
2. Mengeksplorasi dan
mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai dengan minat dan
kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan
tindakan yang dihasilkan
PEMETAAN
DIMENSI,ELEMEN,DAN SUB ELEMEN P5
TEMA
: KEWIRAUSAHAAN
TOPIK
: MENGEMBANGKAN KREASI IRAMA TAMBUA
Dimensi
profil pelajar panasila terkait |
Elemen
profil pelajar pancasila |
Sub
elemen profil pelajar pancasila |
Target
pencapaian di akhir fase |
Kreatif
|
1. menghasilkan gagawsan yang orisinal 2. menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
- |
Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa
gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya.
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya sesuai
dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta
mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
RUBRIK
ELEMEN |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuia Harapan |
Sangat Berkembang |
Menghasilkan gagasan yang orisinal |
Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan
sederhana yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan
imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya |
Memunculkan gagasan imajinatif baru yang bermakna dari beberapa
gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau perasaannya. |
Mengembangkan gagasan yang ia miliki
untuk membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif untuk mengekspresikan
pikiran dan/atau perasaannya. |
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan sederhana serta
mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya
dan tindakan yang dihasilkan |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau
tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau
tindakan serta mengapresiasi dan mengkritisi karya dan tindakan yang
dihasilkan |
ALUR
PROJEK P5
TAHAP
PENGENALAN |
KONTEKSTUALISASI |
AKSI |
REFLEKSI
DAN TINDAK
LANJUT |
Perkenalan Tentang
alat musik tradisional tambua (1
x pertemuan) |
Mengunjungi
sanggar UMBUIK MUDO (1x
pertemuan) |
Menganalisis
hasil kunjungan (1
x pertemuan) |
Evaluasi
kegiatan (1
x pertemuan) ASESMEN
SUMATIF |
Tayangan
video permainan alat musik tambua (1
x pertemuan) |
Mengunjungi
sanggar ALANG MAIMBAU (1
x pertemuan) |
Mengkreasikan
irama alat musik tradisional tambua (8
x pertemuan) |
|
Persiapan
alat musik tambua (1
x pertemuan) |
|
|
|
Penilaian
tahap pengenalan ASESMEN
FORMATIF |
Penilaian
tahap kontekstualisasi ASESMEN
FORMATIF |
Penilaian
tahap aksi ASESMEN
FORMATIF |
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
1.
TAHAP
PENGENALAN.
KEGIATAN
1
A.
PERSIAPAN
- Guru
menyiapkan gambar-gambar alat musik tradisional tambau
- Guru
menyiapkan laptop dan infokus
B.
PELAKSANAAN
- Guru
menayangkan gambar alat musik tradisional tambua melalui infokus
- Peserta
didik mengamati gambar
- Peserta
didik bertanya jawab tentang gambar alat tradisional tambua
KEGIATAN
2
A. PERSIAPAN
- Guru
menyiapkan video-video pemainan alat musik tradisonal tambua
- Guru
menyiapkan laptop dan infokus
B. PELAKSANAAN
- Guru
menayangkan beberapa video permainan alat musik tambua melalui infokus
- Peserta
didik mengamati video permainan alat musik tambua yang ditayangkan melalui
infokus
- Peserta
didik bertanya jawab tentang tayangan video yang telah diamati
ASESMEN ELEMEN 1
MENGHASILKAN GAGASAN YANG ORISINAL
Nama siswa |
MENGHASILKAN GAGASAN
YANG ORISINAL |
|||||||||||||||
Tahap pengenalan |
Kontekstualisasi |
Aksi |
Refleksi dan tindak
lanjut |
|||||||||||||
Kegiatan 4 |
Kegiatan 7 |
Kegiatan 17 |
Kegiatan 18 |
|||||||||||||
BB |
MB |
BSH |
SB |
BB |
MB |
BSH |
SB |
BB |
MB |
BSH |
SB |
BB |
MB |
BSH |
SB |
|
Alimatun Syaidina |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASESMEN ELEMEN 2
MENGHASILKAN KARYA DARI TINDAKAN YANG ORISINAL
Nama siswa |
MENGHASILKAN KARYA DARI
TINDAKAN YANG ORISINAL |
|||||||||||||||
Tahap pengenalan |
kontekstualisasi |
Aksi |
Refleksi dan tindak
lanjut |
|||||||||||||
Kegiatan
4 |
Kegiatan 7 |
Kegiatan 17 |
Kegiatan 18 |
|||||||||||||
BB |
MB |
BSH |
SB |
BB |
MB |
BSH |
SB |
BB |
MB |
BSH |
SB |
BB |
MB |
BSH |
SB |
|
Alimatun Syaidina |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PELAPORAN PROJEK
Nama
Sekolah : SDN 06 KUBU
Alamat
: Jorong Kubu
Kenagarian Sungai Batang
Nama
Siswa ; ALIMATUN SYAIDINA
NISN :
Fase
: B
Kelas
: 4
Semester
: I
Tahun
ajaran : 2022-2023
Projek
1
TEMA
: KEWIRAUSAHAAN
TOPIK :
MENGEMBANGKAN KREASI IRAMA TAMBUA
Projek ini adalah projek pertama di
kelas IV SDN 06 KUBU. Projek ini diharapkan dapat membangun Profil Pelajar
Pancasila yaitu Kreatif. Siswa yang
kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna,
bermanfaat, dan berdampak. Gagasan ini terbentuk dari yang paling sederhana
seperti ekspresi pikiran dan/atau perasaan sampai dengan gagasan yang kompleks.
Perkembangan gagasan ini erat kaitannya dengan perasaan dan emosi, serta
pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan oleh siswa tersebut sepanjang
hidupnya. Siswa yang kreatif memiliki
kemampuan berpikir kreatif, dengan mengklarifikasi dan mempertanyakan banyak
hal, melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda, menghubungkan
gagasan-gagasan yang ada, mengaplikasikan ide baru sesuai dengan konteksnya
untuk mengatasi persoalan, dan memunculkan berbagai alternatif penyelesaian. Memunculkan gagasan imajinatif baru yang
bermakna dari beberapa gagasan yang berbeda sebagai ekspresi pikiran dan/atau
perasaannya. Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta
mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan.
BB. Belum
Berkembang |
Siswa
masih membutuhkan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan |
MB. Mulai
Berkembang |
Siswa mulai
memgembangkan kemampuan namun masih belum ajek. (berubah-ubah) |
BSH.Berkembang
Sesuai Harapan |
Siswa
telah mengembangkan kemampuan hingga berada dalam tahap ajek |
SB.Sangat
Berkembang |
Siswa
mengembangkan kemampuannya melampaui harapan |
Projek kelas IV |
Beriman,bertakwa kepada Tuhan yang
maha esa dan berakhlak mulia |
Bernalar kritis |
Mandiri |
Berkebinekaan global |
Kreatif |
Bernalar kritis |
Mengembangkan kreasi irama tambua |
_ |
_ |
_ |
_ |
V |
_ |
MENGEMBANGKAN KREASI IRAMA TAMBUA |
||||
Kreatif |
BB |
MB |
BSH |
SB |
Menghasilkan
gagasan yang orisinal |
|
V |
|
|
Menghasilkan
karya dan tindakan yang orisinal |
V |
|
|
|
Catatan proses :
DOKUMENTASI
Komentar
Posting Komentar